Nis Windows

www.niswindows.com

Adab Ngeblog

Posting Komentar

adab ngeblog

Hal-hal yang penting diketahui sebelum memasuki dunia Blogging adalah Adab Ngeblog. 

Sebelumnya udah taukan blog itu apa? Kalau kalian belum tau bisa liat dipostingan aku sebelumnya tentang Hari Blogger Nasional dan Blogger Terkenal. Disitu aku ada ngejelasin tentang blog loh. Nah untuk yang udah tau yaudah langsung aja ya bacanya


BLOGGER YANG BAIK

seperti apa sih blogger yang baik itu. dari materi mba Mahrita di Blogspedia Coaching for Newbie ada 3 hal ciri dari blogger yang baik, yaitu :

- Bermanfaat

curhat boleh, kalau pun nggak bisa mengedukasi setidaknya memberikan hiburan


- Rajin Update

setelah punya blog kita harus bertanggung jawab juga untuk menjaganya tetap hidup. apalagi saat sudah punya pembaca setia, ada orangn yang menunggu tulisan kita di luar sana. jadi jangan sampai kita tinggalkan blog kita sampai jadi sarang laba-laba


- Terus Belajar

Tidak ada yang pasti di dunia ini selain ketidakpastian itu sendiri. Kalian perlu untuk selalu belajar ya karena teknologi itu cepat berubah.  


Untuk menjadi Blogger yang baik kita harus tau adab-adab nih. Apa aja sih adab-adabnya.


1. ADAB DALAM MENULIS ARTIKEL


menulis gak sekedar menulis ya. ternyata ada adab juga loh


-Bukan cuma tulisan

 jadi kita tidak hanya menulis tapi juga harus memperhatikan unsur lain untuk mempermudah pembaca. misal dengan menambahkan gambar dan video. nah kalau gambar dan video itu bukan buatan kita gimana dong? boleh asal comot? tentu aja gak dong.


-Personal Touch

menyentuh pembaca, atau bisa dikatakan yang menarik ya. selain itu tulisan juga harus jujur dan pakai hati. bayangin aja nulis tentang kesehatan tapi sejatinya jauh dari pola hidup yang sehat. kan susah sendiri nulisnya. belum lagi pembaca gak akan percaya dengan kita dan membuat males baca. 


- No Plagiasi.

plagiasi artinya mencuri, sedangkan plagiat adalah pencuri. jadi kita gak boleh meniru plek, apalagi sampai ke titik komanya juga sama. 


kasian loh orang nulis itu perlu waktu lamaaa. mulai dari nyari ide, ngeriset dulu, ngetiknya juga perlu waktu, tenaga juga modal (buat beli laptop/hp/kuota). itu gak gampang.


 jadi misal kalian terisnpirasi dari suatu tulisan kalian bisa menghargai tulisannya dengan mencantumkan sumber/referensi sebagai tanda bahwa tulisan orang itu jadi bahan materi buat tulisan kalian. begitupun kalau mau menyertakan foto dan video orang lain


2. ADAB DALAM BERKOMUNITAS


komunitas itu apasih? komunitas adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama atau kesukaan yang sama.


seorang yang mau maju itu susah kalau sendirian makanya perlu berkomunitas. apalagi seorang blogger yang mana kalau ada komunitas bisa maju lebih cepat.


apasih manfaat yang didapat dari ikut berkomunitas

- lebih cepat dapat informasi

seandainya nih ada lomba atau job pasti dong lebih cepat infonya di komunitas. satu orang aja yang tau dan dia bisa ngasih tau ke seluruh orang satu komunitas.


-lebih cepat maju

temen-temen udah sampai sana kok aku masih gini aja ya. nah jadi bisa terpacukan untuk belajar. terus juga dengan berkomunitas kita bisa menanyakan sesuatu dengan orang yang memiliki kesamaan.


 nah gimana caranya supaya kita bisa nyaman dalam bergaul?


-Ikuti aturan

Beda komunitas beda aturan. Kita harus bisa nih menyesuaikan dengan aturan di komunitas. Kalau misal gak sesuai dengan kita ya boleh aja ya cari komunitas yang lain yang kamu dapat memaklumi aturannya


-Jangan hanya mau diberi

Ada sesuatu yang kita dapatkan artinya ada juga yang harus kita berikan. Misal nih komunitas itu udah bermanfaat banget buat kamu karena sering kasih informasi. Kalau kamu bertanya kesana temen komunitas sering  menjawab dan membantu kamu. Nah kalau ada temen lain yang bertanya atau perlu bantuan gak ada salahnya buat kamu membantukan. 


-Saling Kenal Saling Dekat

Kalaupun anggotanya banyak banget paling gak kamu deketin tuh yang vocal disana. Entah founder atau pengurusnya. Misalnya nih kalian follow tuh sosmed mereka.


3. ADAB BLOG WALKING

Blog Walking adalah salah satu istilah dalam dunia perbloggingan. Dimana kalian saling meninggalkan komentar di blog orang lain.  

Kalian bisa baca istilah sederhana tentang blogging di fbbcomunity.com disitu aku nulis tetang 6 hal. Tapi itu tulisannya bahasa banjar ya. Kalau bukan orang banjar ya susah bacanya hehee..


Jadi apa aja sih yang harus diperhatikan saat blogging?


-Jangan asal komentar

Cirinya komentarnya pendek, “wah makasih ya infonya, keren sekali tulisannya”. Komentar seperti ini tuh bikin malas yang baca.


-Minimal 5 kata

Iya minimal bikinlah satu kalimat yang terdiri dari lima kata. Mungkin awalnya bingung ya mau komentar apa. Tapi kalau kalian bener-bener baca artikelnya pasti mudah kok.


-Jangan tinggalkan link hidup

Kita udah komentar dengan bagus tapi diakhir kalimat ngomong hai aku punya blog nih, nanti berkunjungya ke blog ku di (menyebutkan nama blog). Nah ini gak boleh karena jadi ganggu banget. Kayak lagi iklan jadinya kan. Kalian cukup mengisikan url blog di tempat yang tersedia. Jadi kalau orang itu mau berkunjung ke blog mu tinggal ngeklik foto profil atau nama kalian yang udah komentar bisa langsung ke blog

 

- Kritik dijapri aja

Kalau punya kritik atau saran yang sensitive kalian bisa untuk menghubungi secara personal. Karena kalau dikomentar sama aja kalian tuh ngomongin didepan umum.


- Balas komentar

Kalau ada komentar diblog ya ayuk di jawab, biar makin rame jadi nya blognya. Siapa tau ada yang bener-bener nanya hal penting. Kalian jadi bisa membantu orang lain.


Nah sekian dulu tulisan aku tentang adab blogger. Sebenarnya ada empat buah adab lagi yang belum aku jelasin yaitu Adab pada haters, Adab blogger gathering/blog coaching/blogger events, Adab pada klien, dan Adab pada diri sendiri dan keluarga. Tapi sampai disini dulu aja ya, semoga nanti ada kesempatan buat lanjutin adab-adab ini.




Niswin
Hey you can call me Niswin. I born and live at Banjarmasin City, Kalimantan Selatan Province. I work at Province government. I am blogger and reviewer book. I also love cat. You can follow my instagram @niswindows_com and also my lifestyle blog www.niswindows.com

Related Posts

Posting Komentar